Sabtu, 05 Juni 2010

perlukah berbohong ?

APA ITU KEBOHONGAN ?

Berbohong adalah sesuatu yang dilarang tentunya oleh semua agama dan di anggap sebagai perbuatan tidak baik oleh semua orang. Ada yang bilang berbohong demi kebaikan itu di benarkan, karena alasan melakukan kebohongan tersebut adalah untuk kebaikan. Misalnya ada seorang anak yang ditanya oleh ibunya “apakah kamu suka dengan masakan yang ibu buat untuk kamu dek ?” lalu anak menjawab “suka bu,walaupun ibu baru belajar memasak tapi masakan ibu sudah terasa enak”. Anak tersebut berbohong kapada ibunya, anak tersebut merasa masakan ibunya itu kurang begitu enak karena ibunya baru belajar memasak tetapi demi menjaga perasaan sang ibu yang sudah capek-capek berusaha belajar memasak agar bisa menyenangkan anaknya dengan masakan buatannya sendiri maka anak tersebut akhirnya melakukan suatu kebohongan. Apakah hal yang demikian yang sering di bilang banyak orang barbohong demi kebaikan.
Menurut saya,berbohong itu tetap sesuatu yang salah. Tetapi bagi saya seseorang yang melakukan kebohongan pasti mempunyai sebab atau alasan mengapa melakukan kebohongan. Dan alasan atau sebab itu lah yang saya lihat dan berusaha saya mengerti. Tidak munafik saya pun sering melakukan kebohongan tapi bukan berati berbohong itu menjadi sesuatu yang selalu sering saya lakukan. Banyak terjadi permasalahan yang berasal dari suatu kebohongan. Hubungan persahabatan hancur, hubungan dengan pacar berakhir, atau hubungan keluarga yang tidak harmonis dan semua akibat kebohongan. Terlalu egois menurut saya jika hal tersebut terjadi. Lagi-lagi kita hatus berfikir bahwa setiap ada akibat pasti ada sebab, setiap ada kebohongan pasti ada alas annya juga.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah memang benar suatu kebohongan terjadi dengan alasan untuk atau demi kebaikan itu di benarkan dan mengapa kebohongan itu harus ada ?
Semua yang saya uraikan di atas merupakan pendapat saya sendiri tentang alasan mengapa kebohongan itu ada. Dan saya tetap berpendapat sama bahwa berbohong itu salah dan sekali berbohong akan mengakibatkan kebohongan yang lain di lain waktu atau mungkin bisa pada waktu yang sama juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar